Minggu, 20 Februari 2011

Resume Jarkom 1 : Definisi, Tipe dan Manfaat Jaringan Komputer

Seperti dijelaskan sebelumnya definisi Jaringan Komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama-sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan. Setiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node.

Tujuan dari jaringan komputer adalah : 
  1. Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk
  2. Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting 
  3. Akses informasi: contohnya web browsing
Dalam jaringan komputer ada pihak yang meminta/ menerima layanan yang disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut pelayan (server). Arsitektur ini disebut dengan sistem client – server.

Tipe  jaringan  terkait  erat  dengan  sistem  operasi  jaringan, ada 2 tipe jaringan komputer  : 
1.  Client – server 
 Server  adalah  komputer  yang  menyediakan  fasilitas  bagi  komputer-komputer  lain  di dalam  jaringan dan client adalah komputer-komputer yang menerima atau menggunakan fasilitas yang disediakan oleh server.
Server di jaringan tipe client-server disebut dengan Dedicated Server karena murni berperan sebagai penyedia fasilitas untuk workstation dan server tersebut tidak dapat berperan sebagai workstatio

 2.  Peer – to – peer
Yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. Server di janingan tipe peer to  peer  diistilahkan  non-dedicated  server,  karena  server  tidak  berperan  sebagai  server murni melainkan sekaligus dapat berperan sebagai workstation.
Contoh : file sharing antar komputer di jaringan.
 Secara umum manfaat Jaringan Komputer (komputer jaringan) lebih banyak dibandingkan dengan komputer yang berdiri sendiri. Diantara manfaat itu adalah untuk :
  1. Resource sharing. Resource sharing bertujuan agar seluruh program, peralatan, khususnya data bisa digunakan oleh setiap orang yang ada pada jaringan tanpa terpengaruh oleh lokasi resource dan pemakai.
  2. Keandalan tinggi (high reliability) dengan memiliki sumber-sumber alternatif yang tersedia. Misalnya, semua file dapat disaling ke dua atau tiga buah mesin. Sehingga bila salah satu mesin tersebut tidak dapat dipakai (akibat dari adanya masalah pada perangkat keras).
  3. Menghemat uang (saving money). Komputer berukuran kecil mempunyai rasio harga/kinerja yang lebih baik dibanding dengan komputer yang besar. Komputer kira-kiramemiliki kecepatan sepuluh kali lipat kecepatan komputer pribadi. Akan tetapi harga mainframe seribu kalinya lebih mahal.
  4. Ketidakseimbangan rasio harga/kinerja ini menyebabkan para perancang sistem untuk membangun sistem yang terdiri dari komputer-komputer pribadi.
  5. Jaringan memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien. Misalnya, banyak pengguna dapat saling berbagi printer tunggal dengan kualitas tinggi, dibandingkan memakai printer kualitas rendah di masing-masing meja kerja.
  6. Jaringan membantu mempertahankan informasi agar tetap andal dan up-to-date. Sistem penyimpanan data terpusat yang dikelola dengan baik memungkinkan banyak pengguna mengaskses data dari berbagai lokasi yang berbeda, dan membatasi akses ke data sewaktu sedang diproses.
  7. Jaringan membantu mempercepat proses berbagi data (data sharing). Transfer data pada jaringan selalu lebih cepat dibandingkan sarana berbagi data lainnya yang bukan jaringan.
  8. Jaringan memungkinkan kelompok-kerja berkomunikasi dengan lebih efisien. Surat dan penyampaian pesan elektronik merupakan substansi sebagian besar sistem jaringan, disamping sistem penjadwalan, pemantauan proyek, konferensi online dan groupware, dimana semuanya membantu team bekerja lebih produktif.
  9. Jaringan membantu usaha dalam melayani klien mereka secara lebih efektif. Akses jarak-jauh ke data terpusat memungkinkan karyawan dapat melayani klien di lapangan dan klien dapat langsung berkomunikasi dengan pemasok
sumber - sumber :
  1. http://misstriad.wordpress.com/2006/10/04/jaringan-komputer-1/
  2. http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/01/manfaat-jaringan-komputer-4/
  3. http://www.scribd.com/doc/19500070/TIPE-JARINGAN-KOMPUTER



Tidak ada komentar:

Posting Komentar