Sabtu, 11 Juni 2011

APPLICATION LAYER


Pert 11
APPLICATION LAYER

Application Layer, Layer tujuh, adalah lapisan paling atas baik di OSI maupun di TCP / IP model. Application layer adalah lapisan yang menyediakan interface antara aplikasi yang digunakan untuk berkomunikasi dan jaringan yang mendasarinya di mana pesan akan dikirim. Protokol Application Layer digunakan untuk pertukaran data antara program yang berjalan pada source dan host tujuan.
Dalam Application Layer, protokol menentukan pesan apa yang dipertukarkan antara host sumber dan tujuan, sintaks dari perintah kontrol, jenis dan format data yang dikirim, dan metode yang sesuai untuk pemberitahuan kesalahan dan pemulihan.

Protokol Application Layer digunakan oleh kedua perangkat sumber dan tujuan selama sesi komunikasi.

Protocol Dalam Aplication Layer

DNS Protocol

Dalam jaringan data, peralatan diberi label dengan alamat IP numerik, sehingga mereka dapat mengirim dan menerima pesan melalui jaringan. Kebanyakan orang sulit mengingat alamat numerik. Oleh karena itu, nama domain diciptakan untuk mengkonversi alamat numerik menjadi nama, sederhana dikenali. Seperti www.cisco.com, jauh lebih mudah bagi orang untuk diingat daripada 198.133.219.25.
Domain Name System (DNS) adalah diciptakan untuk nama domain untuk alamat resolusi jaringan. DNS didistribusikan menggunakan satu set server untuk menyelesaikan nama-nama yang terkait dengan alamat nomor. Protokol DNS mendefinisikan sebuah layanan otomatis yang cocok dengan nama sumber daya dengan alamat jaringan yang dibutuhkan numerik.

HTTP Protocol

Hypertext Transfer Protocol (HTTP), salah satu protokol dalam suite TCP / IP. HTTP digunakan di World Wide Web untuk transfer data dan merupakan salah satu protokol aplikasi yang paling sering digunakan.
Sebuah web browser mengirimkan pesan GET untuk meminta halaman dari server web. Seperti ditunjukkan dalam gambar, setelah server menerima permintaan GET, akan meresponnya dengan baris status, seperti HTTP/1.1 200 OK, dan pesan sendiri, tubuh yang mungkin merupakan file yang diminta, pesan kesalahan, atau beberapa informasi lainnya.
POST dan PUT digunakan untuk mengirim pesan yang meng-upload data ke web server. Sebagai contoh, ketika pengguna memasukkan data ke dalam bentuk tertanam dalam suatu halaman web, POST meliputi data dalam pesan yang dikirim ke server.

SMTP /POP Protocol

E-mail, telah merevolusi cara orang berkomunikasi melalui kesederhanaan dan kecepatan. Untuk menjalankan pada komputer atau perangkat ujung yang lain, e-mail memerlukan beberapa aplikasi dan layanan. Dua contoh aplikasi protokol lapisan adalah Post Office Protocol (POP) dan Simple Mail Transfer Protocol (SMTP).
Untuk menerima pesan e-mail dari server e-mail, klien e-mail dapat menggunakan POP. Mengirim e-mail baik dari klien atau server menggunakan format pesan dan string perintah yang didefinisikan oleh protokol SMTP. Biasanya klien e-mail menyediakan fungsionalitas dari kedua protokol dalam satu aplikasi.

Server e-mail mengoperasikan dua proses terpisah:
·         Mail Transfer Agent (MTA)
·         Mail Delivery Agent (MDA)
Mail Transfer Agent (MTA) proses digunakan untuk meneruskan e-mail. Seperti ditunjukkan dalam gambar, MTA menerima pesan dari MUA atau dari MTA lain pada server lainnya e-mail. Jika surat ditujukan kepada pengguna yang mailbox pada server lokal, surat akan diteruskan ke MDA. Jika surat tersebut adalah untuk pengguna bukan pada server lokal, rute MTA e-mail ke MTA pada server yang tepat.


FTP (File Transfer Protocol) Protocol

File Transfer Protocol (FTP) adalah protokol lain Application Layer umum digunakan. FTP dikembangkan untuk memungkinkan untuk transfer file antara klien dan server.
Klien menetapkan koneksi pertama ke server pada port TCP 21. Koneksi ini digunakan untuk lalu lintas, yang terdiri dari perintah client dan server balasan. Klien menetapkan kedua sambungan ke server melalui port TCP 20. Koneksi ini adalah untuk transfer file aktual dan dibuat setiap kali ada file yang ditransfer. Transfer file dapat terjadi dalam arah baik.


DHCP Protocol

Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP), memungkinkan sebuah host untuk mendapatkan alamat IP secara dinamis ketika terhubung ke jaringan. Layanan ini secara otomatis penugasan alamat IP, subnet mask, gateway dan lain parameter jaringan IP. Daripada memiliki administrator jaringan memberikan alamat IP untuk setiap workstation, lebih efisien untuk memiliki alamat IP yang ditetapkan secara otomatis menggunakan DHCP. Tanpa DHCP, pengguna harus secara manual memasukkan alamat IP, subnet mask dan pengaturan jaringan lain untuk bergabung dengan jaringan.

Telnet Protocol
Telnet merupakan salah satu yang tertua dari protokol Application Layer dan layanan di TCP / IP suite. Telnet menyediakan metode standar meniru perangkat terminal berbasis teks melalui jaringan data. Koneksi menggunakan Telnet disebut Virtual Terminal (VTY) sesi, atau koneksi. Telnet menggunakan perangkat lunak untuk membuat perangkat virtual yang menyediakan fitur yang sama dari sesi terminal dengan akses ke server antarmuka baris perintah (CLI).
Setiap perintah Telnet terdiri dari setidaknya dua byte. Byte pertama adalah karakter khusus yang disebut sebagai Command (IAC) karakter. Seperti namanya, IAC mendefinisikan byte berikutnya sebagai perintah daripada teks.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar